Pengenalan Yoast SEO

Yoast SEO merupakan salah satu plugin SEO yang paling populer di kalangan pengguna CMS WordPress dengan konfigurasi dan penggunaan yang mudah dan praktis. Plugin ini mempunyai banyak fitur yang berguna untuk memudahkan blogger mengatur beberapa fungsi blog WordPress self hosting, utamanya yang berkaitan dengan SEO atau search engine optimization.

WordPress adalah engine blog paling fleksibel yang memungkinkan kustomisasi di banyak bagian. Tapi, WordPress secara default tidak menyediakan alat untuk mengatur beberapa bagian terkait SEO seperti sitemap, pengaturan index halaman, meta title, description dan webmaster tool. Kekosongan itulah yang kemudian diisi oleh Yoast SEO, di mana dengannya Anda dapat memperoleh fungsi-fungsi tersebut dalam satu atap.

Yoast SEO dapat diinstal di situs WordPress yang Anda hosting sendiri. Untungnya lagi, tools ini disediakan gratis. Yoast SEO dapat dioperasikan dengan mudah bahkan bagi seorang pemula di bidang SEO sekalipun. Tools dari WordPress ini juga yang paling komprehensif di antara tools sejenis lainnya. Memang tersedia juga versi premiumnya, tetapi pada dasarnya seluruh fungsi pentingnya terdapat di Yoast SEO yang gratis.

Adapun beda Fitur Yoast SEO Premium juga mempunyai  fitur fitur tambahan selain  yang disediakan pada yoast SEO Gratis. Namun, Anda perlu mempertimbangkan juga untuk berlangganan Yoast SEO Premium dengan berbagai fitur dan keunggulannya sendiri.

Cara Download dan Install Yoast SEO

Jika Anda belum memiliki plugin Yoast SEO yang terpasang di situs Anda, Anda bisa download sekarang juga. Jika Yoast SEO sudah terpasang, selanjutnya Anda tentu ingin mempelajari lebih lanjut tentang cara menggunakannya, Anda bisa langsung saja loncat ke bagian “Penggunaan Yoast SEO”.

Dari dasbor admin pada situs Anda, lihat sisi kiri layar untuk opsi “Plugins”. Bila Anda mengarahkan kursor ke atasnya, Anda akan melihat opsi “Add New”.

Installed-Plugins

Klik “Add New” dan Anda akan dibawa ke halaman dengan pilihan plugin unggulan, populer, direkomendasikan, dan favorit. Jika Anda tidak melihat Yoast SEO tercantum di bawah bagian ini, ada kotak pencarian yang dapat Anda gunakan untuk menemukannya.

How-To-Install-Yoast-SEO-Plugin

Setelah Anda menemukan plugin Yoast SEO, klik “Install Now” dan WordPress akan melakukan proses download, instalasi dimulai, dan meminta Anda untuk mengaktifkan plugin tersebut. Aktifkan plugin dan jika berhasil diinstal dan sudah aktif, Anda akan melihat opsi bertanda “SEO” di menu bilah sisi kiri dasbor admin Anda dan di sepanjang bilah menu horizontal di bagian atas layar Anda.

Yoast-SEO-Wordpress-Installed

Mengunduh dan menginstal Yoast SEO itu mudah, tapi sekarang setelah Anda melakukan satu tahapan tersebut, Anda perlu menyiapkan plugin. Jika Anda belum pernah menggunakan Yoast SEO sebelumnya, ini mungkin tampak sedikit susah, tapi kami berjanji Anda mampu menanganinya setelah beberapa panduan yang akan kami berikan berikut. Kami memang tak dapat menjanjikan keberhasilan SEO-nya sebab SEO tak dapat menampakkan hasil dalam semalam. Tapi sangat penting untuk melakukannya dengan benar. Karena pengaturan Yoast yang ideal akan bervariasi dari satu situs ke situs lain, kami tidak akan memberi tahu Anda pengaturan yang sulit tapi jitu, namun kami akan memandu Anda melalui suatu pengaturan yang sesuai dengan kebutuhan Anda secara mendasar.

Pengaturan Yoast SEO

Untuk memulai, buka dasbor admin situs Anda, cari opsi “SEO” di menu sisi kiri (atau menu paling atas, tergantung mana yang Anda suka) dan klik “General”. Ini akan membawa Anda ke halaman di mana Anda bisa memiliki kesempatan untuk membuat beberapa opsi SEO dasar yang global bagi situs Anda.

Pengaturan General pada plugin Yoast SEO:

Settings-Of-Yoast-SEO-Plugin

Jika Anda ingin mengembalikan Yoast SEO ke pengaturan default, tab “General” adalah tempat Anda dapat melakukannya. Kecuali Anda ingin mengikuti suatu tour semacam pengantar atau panduan, pergilah ke bagian “Your Info”.

Pengaturan Your Info pada Plugin Yoast SEO:

Your-Info-Section-Of-The-Yoast-SEO-Plugin

Pada bagian ini, Anda bisa memberi tahu Yoast soal nama situs Anda atau apakah Anda memiliki nama alternatif yang ingin Anda pakai. Anda juga dapat memberitahukan apakah alat ini digunakan untuk kepentingan perusahaan atau perseorangan, yang akan mempermudah Google dalam memasukkan situs Anda ke dalam hasil grafik informasi terkait. Jika Anda menyiapkan SEO Yoast untuk situs web perusahaan, Anda dapat memiliki kesempatan untuk menambahkan hal-hal seperti logo perusahaan, yang juga dapat disertakan dalam hasil grafik informasi.

Rate this post

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.