Berapa Modal yang Harus Dikeluarkan Jika Belajar Bisnis Apa Solusinya

Berapa Modal yang Harus Dikeluarkan Jika Belajar Bisnis Apa Solusinya

Kalau Anda termasuk orang yang bercita-cita menjadi seorang wirausahawan tapi tak punya modal, maka berikut ini ada 5 tips yang bisa Anda lakukan untuk mewujudkannya: 

1. Mulai dari apa yang Anda miliki 

Menjalankan sebuah bisnis yang sukses, tentu dimulai dari  bagaimana Anda memanfaatkan sumber daya yang tersedia saat ini. Hal tersebut bisa diterapkan di awal langkah Anda, yakni dengan mencari ide bisnis. 

Mulailah untuk menjawab beberapa pertanyaan seperti:

  • Bidang apa yang Anda kuasai?
  • Apa saja keahlian Anda?
  • Apakah Anda memiliki minat tertentu yang kemudian bisa diubah menjadi sebuah bisnis berbasis service atau layanan?
  • Aset apa saja yang Anda punya saat ini? Dan lain-lain.

Bahkan, dengan mengandalkan berbagai kompetensi dasar (basic skill) saja sudah bisa menjadi bekal untuk cara memulai bisnis tanpa modal sepeserpun. Termasuk dengan memanfaatkan aset-aset kecil seperti laptop dan internet. 

Pokoknya, semakin Anda mencari tahu apa saja yang bisa diandalkan, maka semakin banyak pula sumber daya yang bisa Anda gunakan untuk membangun bisnis. 

Contohnya, jika Anda seseorang yang tertarik di bidang seni, Anda bisa mengawalinya dengan membuka jasa layanan desain atau mengerjakan proyek tertentu yang berkaitan dengan seni. Atau bisa juga kalau Anda memiliki bakat menyanyi, Anda bisa memanfaatkannya untuk membangun bisnis Event Organizer (EO) untuk mengisi berbagai acara tertentu.

Karena umumnya, bisnis berbasis layanan akan cenderung mudah dilakukan dengan modal investasi rendah dan sifatnya yang lebih fleksibel. Bahkan, bisnis tersebut juga tak tanggung-tanggung untuk memberikan Anda penghasilan tinggi. 

2. Pertahankan pekerjaan Anda saat ini

Memutuskan berhenti dari pekerjaan saat ini demi mengeksplorasi hasrat Anda untuk memulai bisnis, memang terdengar menjanjikan. Tapi nyatanya, hal ini bukanlah solusi terbaik untuk dilakukan. Pebisnis yang sukses memang tidak boleh takut mengambil resiko tapi mereka juga harus tetap realistis.

Langkah tepat yang bisa Anda lakukan adalah dengan cara membangun bisnis saat masih bekerja. Karena, pekerjaan dapat memberikan Anda keamanan untuk memperoleh penghasilan yang stabil, sekaligus menjadi solusi dikala bisnis Anda sedang mengalami penurunan. 

Yup, menjalankan bisnis sambil bekerja memang akan menguras mental dan banyak energi. Akan tetapi, selagi Anda mau bertahan dalam beberapa bulan, tidak menutup kemungkinan posisi bisnis Anda bisa menjadi lebih baik.

Hingga nantinya, saat Anda ingin memfokuskan ke bisnis saja, keputusan resign dari pekerjaan bisa lebih mantap.  

Setidaknya dengan adanya penghasilan tetap, rasa khawatir Anda bisa lebih berkurang jika ingin melakukan berbagai aksi penting pada bisnis. Misalnya, membuat prototype produk dari hasil tabungan gaji bulanan, merekrut karyawan atau menjalankan berbagai jenis promosi di media sosial dan sebagainya. 

3. Rela bersusah payah

Jika Anda antusias untuk menemukan cara memulai usaha tanpa modal, Anda juga harus siap melakukan apapun untuk mencapainya. Karena otomatis kalau Anda tidak mempunyai modal, persaingan bisnis bisa semakin ketat. Makanya, demi menghemat biaya, Anda harus rela melakukan semuanya sendiri. 

Baca juga: Tips Mengembangkan Bisnis Online

Mulai dari berhadapan dengan para klien, mengirimkan produk, atau mungkin menyebarkan selebaran brosur di berbagai tempat umum untuk menarik pelanggan.

Menjalani bisnis sendiri sudah pasti akan melelahkan. Namun perlu diingat, bahwa semua hasil dari jerih payah ini akan ada hasilnya untuk Anda. Apalagi, dengan melakukan semua sendiri, Anda bisa menguasai banyak fungsi bisnis dengan lebih mendalam. 

4. Mengandalkan platform online

Mengandalkan sistem online akan sangat berguna khususnya bagi sebuah bisnis yang baru saja merintis. Ada banyak cara memulai bisnis online tanpa modal, salah satunya ialah dengan membangun website. 

Dengan menggunakan website, Anda bisa memperkenalkan layanan bisnis secara praktis, sekaligus memudahkan pelanggan untuk menjangkau bisnis Anda. Berikut adalah beberapa keuntungan memiliki website bisnis: 

  • Hemat biaya – biaya yang dikeluarkan untuk membangun “toko” di dunia maya jauh lebih hemat dibanding memiliki “toko” offline.
  • Brosur online – lebih mudah menyebarkan informasi melalui mesin pencari, sehingga tak perlu mengeluarkan biaya untuk mencetak brosur.
  • Bisnis buka 24 jam – dengan mengandalkan website, otomatis bisnis Anda dapat berjalan non-stop selama 24 jam.
  • Mudah mencoba ide baru – website bisa Anda fungsikan sebagai wadah dalam mencoba berbagai ide baru dan menunggu respon pelanggan secara efektif.
  • Etalase produk dan jasa – Anda bisa memanfaatkan website sebagai etalase produk dan jasa milik Anda secara leluasa. 
  • Dan masih banyak keuntungan lain yang bisa Anda peroleh. Informasi lengkap mengenai keuntungan website bisnis bisa Anda simak di laman ini.

Bahkan, ada berbagai macam platform untuk membuat website toko online yang menawarkan biaya murah hingga gratis. Seperti WooCommerce, Shopify, Prestashop, Magento dan masih banyak lagi. Rekomendasi selengkapnya bisa Anda dapatkan pada artikel kami di 9 CMS Terbaik untuk Toko Online. 

Baca juga:  Cara Menambahkan Akun Pada WordPress

Pro tip: Untuk membuat bisnis online Anda terlihat menonjol, dan mendapatkan hasil yang maksimal, cobalah untuk mendaftar nama domain Anda dengan memakai ekstensi seperti .online atau .site. Contohnya seperti www.buildyourhome.onlineBuat Toko Online = Gratis Domain + Diskon 75%Buat Toko Online, Sekarang!

Agar nama domain website Anda terlihat menarik, ikuti beberapa tips kami di Cara Menentukan Nama Domain untuk Bisnis Kreatif Anda. Atau bisa juga menyimak rangkaian tips membuat nama toko online dan beberapa contohnya di laman ini.

Selama membangun website, isilah dengan ragam konten yang disertai dengan berbagai keyword potensial untuk meningkatkan ranking pada mesin pencari. Buat halaman blog yang membahas berbagai informasi terkait produk atau layanan bisnis Anda untuk menggaet banyak pengunjung. 

Selain itu, Anda juga bisa mengandalkan platform media sosial untuk mendekati target pasar dengan berbagai postingan konten yang inspiratif. Walaupun Anda tidak bisa menggunakan bantuan influencer, tapi bila Anda melakukan banyak interaksi dengan para followers, besar kemungkinan mereka bisa menciptakan word of mouth untuk bisnis Anda.

Jika Anda tertarik mencari peluang bisnis secara online, kami menyarankan Anda untuk membaca ulasan kami tentang Cara Bisnis Online dari Nol dalam 9 Langkah. Di sana, kami telah merangkum semua hal yang perlu Anda lakukan ketika merintis bisnis online.

5. Jelajahi Crowdfunding

Jika Anda merasa bahwa bisnis Anda dapat menarik sejumlah banyak orang, Anda bisa mempertimbangkan Crowdfunding. Ada berbagai macam platform Crowdfunding seperti Kickstarter, Indiegogo dan Gofundme untuk memudahkan Anda mencari bantuan modal. 

Di Indonesia sendiri, terdapat beberapa model situs Crowdfunding yang juga populer misalnya Kolase.com, Akseleran, Kitabisa.com, Gandengtangan dan Ayopeduli.id.

Namun, perlu diingat bahwa sistem Crowdfunding sangatlah kompetitif. Sehingga setidaknya, Anda perlu memiliki produk yang inovatif atau membuat karya yang sangat kreatif untuk memikat orang secara emosional.

Maka, jika Anda benar-benar berencana untuk menggunakan Crowdfunding, pastikan Anda telah melakukan penelitian. Dan bila perlu, cobalah untuk menjangkau para pebisnis yang telah sukses menggunakan Crowdfunding untuk meminta bimbingan mereka.

Sudah Siap Memulai Bisnis Online Tanpa Modal Sepeserpun?

Menyimak lima tips sebelumnya, bisa disimpulkan bahwa cara memulai bisnis tanpa modal bukanlah hal yang mustahil.

Mulailah dengan menciptakan ide-ide yang besar. Kemudian, fokus tingkatkan segala kemampuan yang Anda punya. Sambil jalan, pupuklah rasa kepercayaan diri. 

Intinya, jangan biarkan kekurangan dana menghalangi impian Anda untuk memulai bisnis. Dengan kesungguhan, kerja keras, perencanaan yang matang, sikap optimis sekaligus realistis, maka Anda pun bisa mewujudkan ide bisnis Anda. Siapa tahu  Anda bisa menemukan dana yang cukup untuk kemudian mengembangkan bisnis. 

Rate this post

1 komentar untuk “Berapa Modal yang Harus Dikeluarkan Jika Belajar Bisnis Apa Solusinya”

  1. Pingback: Jasa Pembuatan Website di Muaro Bungo - Malakatech Indonesia

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *